RPP HYDROKARBON

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                 : Kimia

Kelas/Semester                : X / 2

Pertemuan ke                   :

Alokasi  Waktu                  : 4 X 45 Menit

Standar Kompetensi          :   Memahami sifat- sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul

Kompetensi Dasar      : 4.1. Mendeskripsikan kekhasan atom karbon     dalam membentuk senyawa hidrokarbon

Indikator                        : 1.   Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan

2.    Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon

3.    Membedakan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner

I.       Tujuan Pembelajaran

1.      Dapat mengidentifikasi  unsur C, H dan O dalam senyawa karbon

2.      Dapat  menjelaskan kekhasan atom karbon

3.      Dapat membedakan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner

II.     Materi Ajar

  • Identifikasi atom C, H dan O
  • Kekhasan atom karbon
  • Atom C primer, C sekunder, C tersier dan C kuarterner

III.    Metode Pembelajaran

  • Eksperiment
  • Diskusi

IV.    Langkah-langkah Pembelajaran

NO KEGIATAN WAKTU
1 Pertemuan pertama

Kegiatan awal

  • Mengingatkan kembali padasiswa bahwa berdasarkan sumbernya ada dua senyawa, yaitu seyawa organik dan anorganik

Kegiatan Inti

  • Melakukan eksperiment untuk mengidentifikasi unsur C ,H dan O yang terkandung dalam senyawa karbon
  • Diskusi  hasil eksperiment
  • Menyimpulkan hasil diskusi

Kegiatan Akhir

  • Pembelajaran diakhiri dengan informasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikut
10 menit

75 menit

5 menit

2 Pertemuan kedua

Kegiatan Awal

  • Mengingatkan kembali  tentang elektron valensi atom C
  • Mengingatkan kembali tentang ikatan kovalen

Kegiatan inti

  • Diskusi informasi tentang kekhasan atom karbon .
  • Diskusi informasi tentang jenis-jenis atom Karbon
  • Menyimpulkan hasil diskusi
  • Latihan soal menentukan atom C primer,sekunder,tersier dan kuarterner

Kegiatan akhir

  • Pembelajaran diakhiri dengan informasi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10 menit

75 menit

5 menit

V.     Alat/bahan /sumber Belajar

Alat/bahan                                : sesuai LKS

Sumber Belajar        : Buku Kimia Kelas X

VI. Penilaian

  • Hasil laporan eksperiment
  • Test tertulis

Mengetahui                                                                                       Semarapura,

Kepala SMA Negeri 2 Semarapura                                                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. I Gusti Lanang Puji,M.Pd              Made Sudarma,                                                                                 NIP. 131879133

NIP. 131416954

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                 : Kimia

Kelas/Semester                                : X / 2

Pertemuan ke                   :

Alokasi  Waktu                  : 8 x45 menit

Standar Kompetensi          :   Memahami sifat- sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul

Kompetensi Dasar             : 4.2.Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubunganya dengan sifat senyawa

Indikator                                : 1.   Mengelompokan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan

2.    Memberi  nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna

3.    Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbondengan massa molekul relatif  dan strukturnya

4.    Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis,trans)

5.    Menuliskan reaksi  sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, adisi, substitusi,dan eliminasi)

I.       Tujuan Pembelajaran

1.      Dapat mengelompokan senyawa hidrokarbon  (alkana,alkena, alkuna)

2.      Dapat memberi  nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna

3.      Dapat  menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon, dengan massa molekul relatif  dan strukturnya

4.      Dapat menentukan isomer struktur dan isomer geometri

5.      Dapat menuliskan reaksi sederhanapada senyawa alkana, alkena dan alkuna

II.     Materi Ajar

  • Alakana, alkena dan alkuna
  • Sifat fisik alkana, alkena, dan alkuna
  • Isomer
  • Reaksi senyawa karbon

III.    Metode Pembelajaran

  • Diskusi informasi

IV.    Langkah-langkah Pembelajaran

NO KEGIATAN WAKTU
1 Pertemuan pertama

Kegiatan awal

  • Mengingatkan kembali  kekhasan atom karbon, dan rantai karbon

Kegiatan Inti

  • Diskusi informasi tentang alkana, alkena dan alkuna
  • Latihan menuliskan nama alkana, alkena, dan alkuna

Kegiatan Akhir

  • Pembelajaran diakhiri dengan  memberikan tugas rumah tentang nama alkana, alkena da alkuna
10 menit

75 menit

5 menit

2 Pertemuan kedua

Kegiatan Awal

  • Mengingatkan kembali  tentang struktur alkana, alkena dan alkuna
  • Mengingatkan kembali tentang Massa molekul relatif

Kegiatan inti

  • Menganalisis data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok.
  • Diskusi hubungan titik didih dan titik leleh senyawa karbon dengan massa molekul relatif
  • Diskusi hubungan antara titik didih dan titik leleh senyawa karbon dengan struktur  senyawa karbon
  • Menyimpulkan hasil diskusi

Kegiatan akhir

  • Pembelajaran diakhiri dengan informasi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10 menit

75 menit

5 menit

3 Pertemuan ketiga

Kegiatan awal

  • Mengingatkan kembali rumus molekul dan rumus struktur alkana, alkena, dan alkuna

Kegiatan Inti

  • Diskusi tentang isomer alkana, alkena, dan alkuna
  • Latihan soal menuliskan isomer Struktur  alkana, alkena dan alkuna maupun isomer geometri.

Kegiatan akhir

  • Pemberian tugas rumah
10 menit

75 menit

5 menit

4 Pertemuan keempat

Kegiatan awal

  • Mengingatkan kembali persamaan reaksi, struktur alkana, alkena dan alkuna,

Kegiatan Inti

  • Diskusi tentang jenis-jenis reaksi  pada senyawa alkana, alkena dan alkuna
  • Latihan soal menuliskan reaksi pada alkana, alkena dan alkuna (oksidasi, adisi, substitusi, eliminasi)

Kegiatan Akhir

  • Pemberian tugas rumah
10 menit

75 menit

5 menit

V.     Alat/bahan /sumber Belajar

Alat/bahan                                : Molymoode

Sumber Belajar        : Buku Kimia Kelas X

VI. Penilaian

  • Test tertulis

Mengetahui                                                                                       Semarapura,

Kepala SMA Negeri 2 Semarapura                                                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. I Gusti Lanang Made Puji,M.Pd                                                                                I Made Sudarma, S.Pd

NIP. 131416954                                                                                                         NIP. 131879133

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                 : Kimia

Kelas/Semester                                : X / 2

Pertemuan ke                   :

Alokasi  Waktu                  : 2 x45 menit

Standar Kompetensi          :   Memahami sifat- sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul

Kompetensi Dasar             : 4.3.Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi dan kegunaanya

Indikator                                : 1.   Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam

2.    Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi

3.    Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi

4.    Membedakan mutu bensin berdasarkan bilangan oktanya

5.    Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan

I. Tujuan Pembelajaran

1.      Dapat menjelaskan proses pembentukan minyak bumi

2.      Dapat menjelskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi

3.      Dapat  menetukan fraksi-fraksi minyak bumi

4.      Dapat membedakan mutu bensin berdasarkan bilangan oktannya

5.      Dapat menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan

II.     Materi Ajar

  • Minyak bumi
  • Fraksi minyak bumi
  • Mutu bensin
  • Dampak pembakaran bahan bakar

III.    Metode Pembelajaran

  • Diskusi informasi

IV.    Langkah-langkah Pembelajaran

NO KEGIATAN WAKTU
1 Pertemuan pertama

Kegiatan awal

  • Mengingatkan kembali  proses pengilangan  minyak , kegunaan bahan bakar minyak dan dampaknya terhadap lingkungan

Kegiatan Inti

  • Diskusi informasi proses pembentukan minyak bumi
  • Diskusi informasi tentang komponen-komponen minyak bumi
  • Menganalisis bagan penylingan bertingkat minyak bumi untuk mengetahui fraksi-frakksi minyak bumi
  • Diskusi informasi tentang mutu bensin dan bilangan oktan
  • Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan

Kegiatan Akhir

  • Pembelajaran diakhiri dengan  memberikan tugas rumah tentang dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan
10 menit

75 menit

5 menit

V.     Alat/bahan /sumber Belajar

Alat/bahan                                : Bagan penyulingan bertingkat minyak bumi

Sumber Belajar        : Buku Kimia Kelas X

VI. Penilaian

Test tertulis

Mengetahui                                                                                       Semarapura,

Kepala SMA Negeri 2 Semarapura                                                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. I Gusti Lanang Made Puji,M.Pd                                                                                I Made Sudarma, S.Pd

NIP. 131416954                                                                                                         NIP. 131879133

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                 : Kimia

Kelas/Semester                                : X / 2

Pertemuan ke                   :

Alokasi  Waktu                  : 2 x45 menit

Standar Kompetensi          :   Memahami sifat- sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul

Kompetensi Dasar             : 4.4.Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni dan estetika

Indikator                                : 1.   Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan

2.    Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan

3.    Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika

I. Tujuan Pembelajaran

1.   Dapat  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan

2.   Dapat  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang

dan papan

3. DapatMendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan

estetika

II.     Materi Ajar

  • Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari

III.    Metode Pembelajaran

  • Diskusi informasi

IV.    Langkah-langkah Pembelajaran

NO KEGIATAN WAKTU
1 Pertemuan pertama

Kegiatan awal

  • Mengingatkan kembali  proses pengilangan  minyak , kegunaan bahan bakar minyak dan dampaknya terhadap lingkungan

Kegiatan Inti

  • Diskusi  tentang kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang, papan, seni dan estetika

Kegiatan Akhir

  • Pembelajaran diakhiri dengan  memberikan tugas rumah tentang  kegunaan dan komposisi hidrokarbon dalam kehidupan sehari hari
10 menit

75 menit

5 menit

V.     Alat/bahan /sumber Belajar

Alat/bahan                                : bahan pangan, sandang dan papan

Sumber Belajar        : Buku Kimia Kelas X

VI. Penilaian

Test tertulis

Mengetahui                                                                                       Semarapura,

Kepala SMA Negeri 2 Semarapura                                                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. I Gusti Lanang Made Puji,M.Pd                                                                                I Made Sudarma, S.Pd

NIP. 131416954                                                                                                         NIP. 131879133

0 Responses to “RPP HYDROKARBON”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




kalender bulan ini

Mei 2009
S S R K J S M
     
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

kategori Blog


%d blogger menyukai ini: