RENCANA PELAJARAN

 

Mata Pelajaran                         :     Kimia

Pokok Bahasan                        :     Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit

Kelas / Semester                      :     X / 2

Standard Kompetensi               :     Memahami Sifat-Sifat Laarutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi Oksidasi – Reduksi

Alokasi Waktu                         :     3 Jam Pelajaran

 

 

 

I.    Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat larutan non elektrolit dan elektroli berdasarkan data percobaan

 

II. Materi Pelajaran :

 

      1. Larutan elektrolit dan non elektrolit

                  a. Larutan adalah ; canpuran yang homogen ( serba sama)

                  b. larutan elektrolit adalah : larutan yang dapat menghantarkan arus listrik

                  c. Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik

 

      2. Alat Uji daya hantar listrik larutan

                 

                  Untuk menguji kemampuan suatu larutan dalam menghantarkan arus listrik digunakan alat yang disebut dengan  set alat uji elektrolit , yang terdiri dari : lampu senter , batang elektroda ( elektroda karbon) sumber arus DC , wadah larutan yang diuji sakalar dan kabel sebagai penghubung

 

      3.         Indikator

                  Untuk mengetahui bahwa suatu larutan bersifat elektrolit atau bukan dengan menggunakan alat uji elektrolit , dilihat dari ada tidaknya gelembung gas elektroda yang tercelup kedalam larutan , bila ada gelembung gas maka larutan teresebut adalah elektrolit dan bila tida , adalah non elektrolit

 

 

4.                  Kekuatan Elektrolit

Adanya perbedaan jumlah gelembung gas yang dihasilkan oleh masing –masing elektrolit serta perbedaan kemampuan dalam menyalakan lampu senter pada kit elektrolit , menunjukan adanya perbedaan kekuatan sifat elektrolit larutan tersebut.

LArutan yang hanya mampu menghasilkan sedikit saja gas pada elektrodanya dan tidak mampu menyalakan lampu senter pada kit elekrlit dikatakan larutan tersebut adalaha elektrolit lemah , sebaliknya bila jumlah gelembung gas yang dihasilkan banyak dan mampu menyalakan lampu , dikatakan sebagai elektrolit kuat

 

 

5.                  Penyebab larutan bersifat elektrolit

Kemampuan suatu larutan dalam menghantarkan arus listrik disebabkan oleh adanya ion-ion dalam larutan tersebut

Ion adalah atom atau molekul yang bermuatan listrik  (  +/- )

Jumlah ion-ion yang terdapat dalam larutan mempengaruhi kekuatan sifat elektrolit larutan , semakin banyak ion yang terdapat dalam larutan semakin kuat sifat elektrolit larutan tersebut dan sebaliknya semakin sedikit jumlah ion dalam larutan semakin lemah sifat elektrolitnya.

 

6.                  Jenis Larutan elektrolit berdasarkan ikatan sat terlarut

Berdasarkan ikatan sat terlarut , larutan elektrolit dapat terjadi dari senyawa : ion dan senyawa kovalen polar

Senyawa ion adalah senyawa yang terbentuk dari kation sisa basa dengan anion sisa asam / secara umum dapat dikatakan senyawa yang terbentuk dari unsur logam dengan unsur non logam.

Senyawa kovalen polar adalah senyawa yang terbentuk karena perbedaan yang besar pada elektronegatifitas masing-masing unsur serta structrur ruang sat.

 

Ionisasi senyawa dalam larutan:

 

 

Misal :  L2X                                2 L +  +   X

 

             HX                                H+      +  X

 

 

 

 

7.                  Peta Konsep

Larutan

Larutan Elektrolit

Larutan non Elektrolit

Elektrolit Kuat

Elektrolit Lemah

Senyawa Ion

Senyawa Kovalen Polar

 

 

 

                                  Berdasarkan daya hantar listriknya

 

 

 

 

 

                           Berdasrakn kekuatannya

 

 

                                                                                                                     Sumber elektrolit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                   

 

 

III  Indikator

 

a.       Mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit melalui percobaan

b.      Mengelompokan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya

c.       Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik

d.      Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar

 

IV. Kegiatan Pembelajaran

 

A.     Pendahuluan

 

a.       Prasarat pengetahuan :

            Menggali kemampuan siswa melalui tanya jawab tentang :

·        Pengertian campuran dan larutan

·        Contoh-contoh larutan

·        Pengertian ion

·        Pengertian senyawa ion dan kovalen beserta contohnya

 

b.      Memberi pertanyaan tentang :

1.      Mengapa ikan yang ada di dalam air dapat distrum ?

2.      Mengapa kita dilarang memegang pohon yang tersentuh kawat listrik saat hujan ?

 

B.     Kegiatan Inti

 

B1. Melakukan percobaan tentang Daya Hantar listrik beberapa larutan

      Sebelum melakukan percobaan

·        Membagi siswa dalam beberapa kelompok ( 1 kelompok max 6 orang)

·        Membagi Lembar Kerja ( LKS) kepada masing-masing kelompok

·        Memperkenalkan nama-nama alat yang digunakan

·        Mendemostrasikan cara kerja uji elektrolit

 

B2. Siswa ( Kelompok siswa ) melakukan percobaan

 

B3. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil percobaanya

 

B4. Menjawab pertanyaan pada LKS

 

B5. Menarik kesimpulan dari hasil percobaan , yang diarahkan pada :

a.       cara mengetahui suatu larutan bersifat elektrolit / bukan dengan menggunakan alat uji elektrolit

b.      Jenis elektrolit berdasarkan daya hantar listriknya

c.       Penyebab suatu larutan bersifat elektrolit

d.      Sumber elektrolit

 

 

 

B6. Mendiskusikan Pertanyaan Pengantar , tentang :

                                                                       

1.      Mengapa ikan yang ada di dalam air dapat distrum ?

2.      Mengapa kita dilarang memegang pohon yang tersentuh kawat listrik saat hujan ?

 

C.     Penutup

 

            1. Tugas  :

                        a. Mengumpulkan Laporan Hasil Percobaan

                        b. Mengumpulkan jawaban dari pertanyaan berikut :

 

                                       1.Jelaskan apakah larutan senyawa  berikut : CaCl2 , KOH , H2SO4 ,  CH4 , CCl4 bila diuji dengan alat uji elektrolit dapat menghantarkan arus listrik ?

                        c.   Carilah contoh-contoh alat yang dalam prosesnya menggunakan larutan elektrolit sebagai salah satu komponennya dan sebutkan elektolit yang digunakan !!

 

 

                                                                    

V. Evaluasi

 

 

 

 

 

 

V. Evaluasi

 

TIK

No.soal

Butir Soal

Kunci

Melalui data percobaan siswa dapat menunjukan larutan elektrolit dan non elektrolit

1

No

Larutan

Pengamatan

Gelembung gas

lampu

1

R

Ada sedikit

Padam

2

S

Ada ( banyak)

Nyala

3

T

Tidak ada

Padam

4

U

Ada (banyak)

Nyala

5

V

Ada (sedikit)

padam

 

Pertanyaan :

Pernyataan berikut yang benar dari data percobaan di atas adalah …..

 

a.       larutan R , T , V adalah non elektrolit , sebab lampu padam

b.      Yang termasuk larutan elektrolit adalah larutan S dan U saja , sebab hanya larutan S dan U saja yang dapat menyalakan lampu

c.       Larutan R, S , U , V adalah larutan elektrolit , sebab mampu menghasilkan gelembung gas

d.      Larutan R , S dan T adalah elektrolit sebab menghasilkan ion-ion

e.       Larutan U dan V adalah elektrolit sebab tidak menghasilkan  ion dalam larutannya

 

C

Melalui data percobaan siswa dapat menentukan elektrolit kuat / lemah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa dapat menjelaskan penyebab larutan bersifat elektrolit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa dapat hubungan ikatan suatu senyawa terhadap daya hantar listriknya

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

Gunakan data percobaan pada soal no.1

 

Yang tergolong elektrolit kuat adalah …

a.       larutan R dan S , sebab menghasilkan gelembung gas

b.      larutan T dan U , sebab banyak menghasilkan ion

c.       larutan  T , sebab tidak menghasilkan gelembung gas dan tidak dapat menyalakan lampu

d.      larutan S dan U , sebab dapat menyalakan lampu

e.       larutan R,S, U dan V sebab mampu menghasilkan gelembung gas

 

Suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik disebabkan oleh …..

a.       adanya molekul-molekul yang bebas bergerak dalam larutan

b.      adanya elektron yang bebas bergerak dalam larutan

c.       adanya atom-atom yang bergerak bebas dalam alrutan

d.      adanya radikal bebas dalam larutan

e.       adanya ion-ion yang bergerak bebas dalam alrtuan

 

 

 

 

Senyawa dengan rumus XL2 , ( diketahui No.atom X=12 dan No.atom L =17 diantara pernyataan berikut yang benar adalah ….

 

a.       larutan senyawa tersebut bersifat elektrolit , sebab senyawanya beriktan  ion

b.      larutan senyawa tersebut bersifat elektrolit , sebab senyawanya berikatan kovalen polar

c.       larutan senyawa tersebut bersifat non elektrolit , sebab senyawanya berikatan kovalen

d.      larutan senyawa tersebut bersifat non elektrolit , sebab senyawa tersebut tersusun atas unsur-unsur non logam

e.       larutan senyawa tersebut adalah non elektrolit, sebab dalam larutannya tidak menghasilkan ion-ion

 

Dari senyawa-senyawa berikut yang dalam larutannya tidak dapat menghantarkan arus listrik adalah …

a.       asam sulfat

b.      alkohol

c.       garam dapur

d.      air sabun

e.       asam cuka

D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

E

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B

0 Responses to “Program Pengajaran”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




kalender bulan ini

Desember 2016
S S R K J S M
« Mei    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

kategori Blog


%d blogger menyukai ini: